Andi Goda

penjelasan tentang ilmu lingkungan hidup

Rangkuman Hukum Gas dan Konsentrasi Molar

Selamat siang sobat semua, pada moment ini saya akan membagikan Rangkuman Hukum Gas dan Konsentrasi Molar yang mungkin anda butuhkan jika masih duduk di kelas sekolahan khususnya sekolah menengah atas. Pelajaran kimia tersebut akan andi goda bahas dibawah ini. jadi perhatikan ya..

Hukum Gas

Hukum Gas

Keadaan standard (STP) adalah suhu 0°C (273 K) dan tekanan 1 atm (76 cmHg). pada keadaan standard (STP), setiap 1 mol gas apa saja yang mempunyai volume 22.4 liter (22.4 dm3).
Liter STP = mol X 22.4
mol = liter STP / 22.4
gram / Mr = liter STP / 22.4

Jika gas tidak berada dalam keadaan standard, maka pengubahan mol menjadi volume atau sebaliknya harus menggunakan gas pembanding pada suhu dan tekanan yang sama, sesuai dengan Hukum Acogrado
mol gas I / volume gas I = mol gas II / volume gas II

Jika dalam soal gas hanya ada data volume, gunakanlah Hukum Gay-lussac.
Perbandingan volume gas sesuai dengan koefisien reaksi.

Konsentrasi Molar

Reaksi – reaksi Kimia banyak dilaksanakan dalam bentuk larutan, sebab partikel – partikel larutan lebih cepat bertumbukan satu sama lain. Pelarut yang umum dipakai adalah air.

Banyaknya zat terlarut dalam suatu larutan dibandingkan terhadap jumlah pelarut atau jumlah larutan disebut Konsentrasi. larutan pekat memiliki konsentrasi yang besar dan lauran yang encer memiliki konsentrasi yang kecil.

Salah satu satuan konsentrasi yang paling sering dipakai adalah kemolaran (molaritas), dengan lambang M, yang didefinisikan sebagai jumlah mol zat terlarut dalam tiap liter larutan. berikut ini adalah persamaan reaksi yang bisa kita tulis
M = mol / liter = mmol / mL
Liter X M = mol
mL X M = mmol
M = 1000 / mK X gram / Mr

rasa rasa cukup sekian saja Rangkuman Hukum Gas dan Konsentrasi Molar kali ini. nantikan pembahasan yang lain mengenai materi kimia kelas sekolah menengah atas berikutnya. Semoga bermanfaat dan membantu dalam belajar. Terima kasih.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kimia dengan judul Rangkuman Hukum Gas dan Konsentrasi Molar. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://andigoda.blogspot.com/2013/08/rangkuman-hukum-gas-dan-konsentrasi-molar.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Andi godaa -
Rating: 4.5 oleh 245 Orang

Artikel Terkait:

Belum ada komentar untuk "Rangkuman Hukum Gas dan Konsentrasi Molar"