Andi Goda

penjelasan tentang ilmu lingkungan hidup

Memahami 6 Karakteristik Limbah B3 Edisi 1

Dalam materi pelajaran kali ini masih sama tentang limbah dan sebelum kita Memahami 6 Karakteristik Limbah B3 Edisi 1. ada baiknya kita mengetahui apa penyebab limbah B3 itu sangat berbahaya sekali bagi Kita. setelah andi goda mencari dan menganalisa beberapa uji toksikologi, alasannya tidak lain adalah sebagai berikut :

a. Bisa menyebabkan atau memberikan pengaruh buruk terhadap terjadinya dan/atau meningkatnya kematian dan/atau sakit yang serius

b. Berpotensi menimbulkan bahaya terhadap kesehatan manusia dan/atau lingkungan apabila limbah b3 disimpan, diangkut, dimanfaatkan, diolah, ditimbun, dan dibuang dengan tidak benar atau tidak dikelola

setelah mengetahui bahayanya limbah beracun tersebut, berikut adalah karakteristik limbah B3, yaitu mudah meledak, mudah terbakar, bersifat reaktif, bersifat beracun, menyebabkan infeksi, dan bersifat korosif. dibawah ini adalah penjelasan tiap itemnya.

1. Mudah Meledak

Limbah yang mudah meledak adalah suatu limbah yang berada pada suhu dan tekanan tertentu. pada standarnya 25 derajat celcius, 760 mmHg dapat meledak melalui reaksi kimia dan atau fisika. dan dapat menghasilkan gas dengan suhu dan tekanan tinggi yang dengan cepat dapat merusak lingkungan sekitarnya.

Karakteristik Limbah B3 mudah meledak

2. Mudah Terbakar

Limbah yang mudah terbakar adalah limbah yang punya salah satu sifat dibawah ini
a. Limbah yang berupa cairan
Limbah yang berupa cairan akan mudah terbakar jika terdapat situasi berikut
- Mengandung alcohol kurang dari 24% volume dan/atau mempunyai titik nyala kurang dari 60 derajat C (140 derajat F)
- Terjadi kontak dengan api, percikan api, atau sumber nyala lain pada tekanan udara 76mmHg

b. Limbah yang berupa padatan
Limbah yang berada pada temperature dan tekanan standar (25 derajat C, 760 mmHg) mudah menyebabkan kebakaran. contohnya melalui gesekan, penyerapan uap air, atau perubahan kimia secara spontan. Limbah padat jika terbakar dapat menyebabkan sebuah kebakaran yang terjadi terus – menerus dalam waktu yang lama.
Apabila titik nyala limbah kurang dari 40 derajat C, berarti karakteristik limbah B3 itu mudah sekali terbakar.

Karakteristik Limbah B3 terbakar

c. Limbah yang bertekanan mudah terbakar

d. Limbah Pengoksidasi
Apabila waktu pembakaran limbah sama atau lebih pendek dari waktu pembakaran senyawa standar, berarti karakteristik limbahnya mudah terbakar.

Bersambung ke artikel Lanjutan karakteristik limbah B3 Edisi kedua yang berisi 4 sifat lagi

itulah beberapa sifat dan karkter yang saya rangkum dalam tema Memahami 6 Karakteristik Limbah B3. simak kelanjutannya ya dihalaman selanjutnya.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Limbah B3 dengan judul Memahami 6 Karakteristik Limbah B3 Edisi 1. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://andigoda.blogspot.com/2013/11/memahami-6-karakteristik-limbah-b3.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Andi godaa -
Rating: 4.5 oleh 245 Orang

Artikel Terkait:

Belum ada komentar untuk "Memahami 6 Karakteristik Limbah B3 Edisi 1"