Andi Goda

penjelasan tentang ilmu lingkungan hidup

Uji Toksikologi Limbah B3 dan Penyakit Minamata

Pelajaran yang akan saya bagikan kali ini adalah tentang kisah penyakit minamata dan Uji Toksikologi Limbah B3 yang merupakan lanjutan dari materi kemarin. disini Andi Goda memberitahukan jika uji tosikologi limbah b3 mempunyai 2 sifat, yaitu sifat akut dan sifat kronik.

Uji Toksikologi Limbah B3

Sifat Akut, adalah suatu uji hayati yang digunakan untuk mengukur hubungan dosis respons antara limbah dengan kematian hewan uji. pengujian tersebut berfungsi untuk menetapkan nilai LD50

Yang kedua adalah sifat kronik, yaitu uji toksik, mutagenic, karsinogenetik, teratogenetik, dan lai-lain. cara melakukan uji ini adalah dengan mencocokkan zat pencemar yang terdapat pada limbah berdasarkan pertimbangan suatu faktor tertentu.

Penyakit minamata, Akibat dari limbah B3

dibawah ini adalah akibat dari limbah b3 yang terjadi di negara Jepang. informasi ini juga ada dalam klikgaul.com, jika anda tidak tahu apa situs klikgau.com dan juga spesifikasinya, silakan baca sekilas Klikgaul.com yang sudah saya terbitkan.

penyakit minamata yang tepatnya terjadi di pinggir teluk minamata, jepang, suatu tempat pemukiman masyarakat nelayan. beberapa pabrik industry membuang limbah kedalam teluk minamata. dan para ahli kimia pabrik tersebut mengatakan bahwa limbah pabrik yang memang mengandung methylmercury (MeHg) tidak berbahaya. mereka beralasan bahwa dengan fakta fitoplankton, zooplankton, dan jenis ikan lainnya yang masih bisa bertahan hidup dalam teluk minamata itu.

penderita Penyakit Minamata

Kebiasaan penduduk nelayan teluk minamata yang gemar makan ikan, telah menyebabkan terakumulasinya kadar methylmercury yang berlipat ganda didalam tubuh mereka. setelah sekitr 10 tahun, kadar mercury didalam tubuh telah berlipat gand, sampai dengan ribuan kali dibandingkan dengan kadar mercury didalam air limbah itu sendiri atau fitoplankton.

karena methylmercury termasuk dalam sumber limbah b3 (bahan berbahaya dan beracun), maka menimbulkan dampak nyata pada kesehatan tubuh. dampak yang timbul adalah: keturunan dari nelayan yang telah mengkonsumsi ikan dari teluk minamata mengalami cacat jasmani dan mental. cacat tersebut disebut sebagai penyakit minamata oleh kalangan ahli kesehatan. penyakit itu dapat terjadi dimana saja melalui proses akumulasi dan penggandaan biologic.

Sekian dari saya sedikt tentang penyakit minamata dan uji toksikologi limbah B3. semoga menambah wawasan anda dan mengetahui betapa berbahayanya limbah di sekitar kita.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Limbah B3 dengan judul Uji Toksikologi Limbah B3 dan Penyakit Minamata. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://andigoda.blogspot.com/2013/11/uji-toksikologi-limbah-b3-dan-penyakit-minamata.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Andi Goda -
Rating: 4.5 oleh 245 Orang

Artikel Terkait:

Belum ada komentar untuk "Uji Toksikologi Limbah B3 dan Penyakit Minamata"