Andi Goda

penjelasan tentang ilmu lingkungan hidup

Sumber Limbah B3

Sumber Limbah B3 adalah salah satu dari 3 cara mengelompokkan cara identifikasinya. limbah b3 sendiri dapat kita temui dimanapun. dengan kita sadari atau tidak, kita pun pernah menggunakannya. sebagian dari kita, bahkan termasuk andi goda sendiri sudah mulai menyadari dan sedikit demi sedikit menguranginya, bahkan tidak menggunakan sama sekali bahan yang mengandung Limbah B3.

tetapi masih banyak orang lain diluaran sana yang sudah mengetahui bahaya limbah B3, tetapi masih menggunakannya. dan yang lebih tragis lagi, mereka tidak memperhatikan cara pembuangan menurut kaidah yang benar.

Sumber Limbah B3 dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari dari. bahkan menurut informasi dari salah satu web portal berita di klikgaul.com yang membahas masalah health (kesehatan), sumber b3 dapat berasal dari sisa – sisa rumah tangga, pasar, pabrik, rumah sakit, apotek, dan laboratorium.

Sumber limbah b3 dari pasar

Menurut PP 85/1999, jenis limbah B3 dapat dibedakan berdasarkan dengan sumbernya. Dalam lampiran PP 85/1999, juga dijelaskan jenis limbah b3 menurut sumber-sumbernya adalah sebagai berikut :

1. Limbah B3 dari sumber tidak spesifik (PP 85/1999)

Limbah B3 tersebut pada umumnya tidak berasal dari sebuah proses utama, tetapi berasal dari kegiatan pemeliharaan alat, pencucian, pencegahan korosi (inhibitor korosi), pelarut kerak, atau kemasan. contohnya adalah asap kendaraan bermotor dan asap dari cerobong pabrik

Sumber limbah b3 dari cerobong asap pabrik

2. Limbah B3 dari sumber spesifik (PP 85/1999)

Limbah yang berasal dari sumber spesifik ini berasal dari proses suatu industry atau kegiatan secara spesifik dapat ditentukan berdasarkan kajian ilmiah. contohnya adalah merkuri, arsen dan deterjen.

3. Limbah B3 berasal dari sumber kimia kedaluwarsa, tumpahan, bekas kemasan, dan buangan produk yang tidak memenuhi spesifikasi (PP 85/1999)

Limbah ini berasal dari produk atau barang yang tidak memenuhi persyaratan spesifikasi yang ditentukan atau tidak dapat dimanfaatkan lagi. hal yang serupa juga berlaku untuk sisa kemasan limbah b3 dan bahan – bahan kimia yang kedaluwarsa. contoh dari sumber ini adalah obot-obatan dari rumah sakit dan apotek yang kedaluwarsa, tumpahan minyak ke laut, botol kemasan obat atau zat kimia, dan plastic.

Demikian topic yang saya bahas mengenai Sumber Limbah B3. semoga bermanfaat dan baca terus pengetahuan tentang B3 di blog saya ini.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Limbah B3 dengan judul Sumber Limbah B3. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://andigoda.blogspot.com/2013/11/sumber-limbah-b3.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Andi godaa -
Rating: 4.5 oleh 245 Orang

Artikel Terkait:

Belum ada komentar untuk "Sumber Limbah B3"