Andi Goda

penjelasan tentang ilmu lingkungan hidup

Bahan Yang Mengandung Limbah B3 dalam Rumah Tangga

Bahan Yang Mengandung Limbah B3 dalam Rumah Tangga sering kali kita abaikan keberadaannya. tetapi kita tidak pernah memperhatikannya secara seksama dan malah membiarkan hal tersebut terjadi karena selalu kita anggap hal remeh dan bukanlah hal yang besar. oleh sebab itu, Andi Goda akan memberikan beberapa limbah yang berasal dari rumah anda dan seharusnya dapat anda minimalisir.

Upaya manusia dalam memenuhi setiap kebutuhan yang hampir tidak terbatas, memerlukan dukungan yang besar dari daya dukung dan daya tampung lingkungan. makin besar kebutuhan yang dibutuhkan, makin besar pula dampak yang akan ditimbulkan. walaupun begitu, semua pihak harus segera menyadari. Jika pengendalian dampak lingkungan ini tidak dikelola secara baik dan benar, seluruh makhluk hidup seperti manusia, hewan, tumbuhan dan alam sekitarlah yang akan menanggung semua akibat ini

Pada awalnya, sangat banyak orang yang berbahagia dengan penemuan bahan dan senyawa kimia. tetapi seiring berjalannya waktu, ditemukan juga dampak negatifnya. untuk itu, limbah B3 harus dikelola dengan baik dan benar, baik pada masih saat digunakan maupun setelah tidak digunakan lagi.

konvensi basel, roterdam dan Stockholm tentang limbah rumah tangga

Undang – undang dan hukum sudah dibuat. baik secara internasional melalui konvensi, antara lain konvensi basel, roterdam dan Stockholm. dalam cara nasional, kita bisa melihat melalui undang-undang dan peraturan pelaksanaan lainnya. kita juga harus dapat mengerti tentang kelanjutan karakteristik limbah b3

Hak atas informasi lingkungan hidup akan meningkatkan nilai dan efektivitas peran serta masyarakat dalam pengelolaan lingkungan hidup. hak atas informasi lingkungan hidup merupakan suatu konsekuensi logis dari masyarakat dalam mengambil perannya untuk pengelolaan lingkungan hidup.

Rumah sebagai tempat tinggal dan berfungsi sebagai tempat pembinaan anggotanya. segala hal yang berkaitan dengan aktivitas manusia dalam memenuhi setiap kebutuhan hidupnya didalam rumah tangga diharpkan dapat dikelola dengan baik dan benar. dengan demikian, dampak dari limbah b3 didalam rumah tangga dapat dikendalikan dengan lebih baik lagi. oleh karenanya, setiap orang mempunyai hak yang sama atas lingkungan hidup yang baik dan sehat. dibawah ini adalah contoh sumber sampah yang ada di dalam rumah tangga.

Contoh Sumber Sampah yang ada didalam rumah tangga

1. Ruang Kamar tidur

kaleng penngharum ruangan, kaleng obat nyamuk, lampu TLL, kapas, botol/wadah kosmetik, abu dan debu

2. Kamar mandi dan tempat cucian

Pembungkus sabun, wadah sabun cair, botol shampoo, wadah pasta gigi, plastic detergen, botol pemutih pakaian.

3. Ruang keluarga

bekas baterai, spidol, tinta bekas, kaleng obat nyamuk, lampu tl, sisa dan bungkus makanan, kertas, obat kedaluwarsa
kaleng bekas

4. Ruang Tamu

sisa pembungkus makanan, lampu TL, abu, debu, sisa plastik minuman

5. Dapur

sisa dan bungkus makanan, wdah minyak tanah, abu,

6. Garasi

oli bekas, wadah pembersih mobil, aku bekas, ban bekas

7. Ruang makan

sisa dan pembungkus makanan

8. Taman dan kebun

daun, kertas, plastic, pembungkus makanan, botol minuman

Dengan mengetahui sumber sampah diatas, diharapkan kita bisa menanggulangi sumber limbah disekitar kita dengan baik dan benar. karena limbah tersebut ternyata tidak hanya bersumber dari pabrik dan mesin saja. tetapi kegiatan kita sehari – hari juga menghasilkan suatu limbah.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang contoh Bahan Yang Mengandung Limbah B3 dalam Rumah. diharpkan kita bisa semakin bijak dalam menangani kebiasaan kita yang belum baik sebelum membaca artikel ini. semoga bermanfaat.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Limbah B3 dengan judul Bahan Yang Mengandung Limbah B3 dalam Rumah Tangga. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://andigoda.blogspot.com/2013/12/bahan-yang-mengandung-limbah-b3-dalam-rumah-tangga.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Andi godaa -
Rating: 4.5 oleh 245 Orang

Artikel Terkait:

Belum ada komentar untuk "Bahan Yang Mengandung Limbah B3 dalam Rumah Tangga"