Andi Goda

penjelasan tentang ilmu lingkungan hidup

Membuat Kebun Untuk Pembibitan dan Cara Penanaman

Kali ini saya akan share cara Membuat Kebun Untuk Pembibitan dan Cara Penanaman tumbuhan dari Andi Goda mengambil dari surya pustaka kelana sebagai penerbit utamanya. sebelumnya baca dahulu pengertian dan teknik pembibitan yang pernah saya publikasikan di artikel yang lalu.

kebun pembibitan 2

Kebun pembibitan tanaman dibutuhkan untuk menyediakan lingkungan yang terbaik bagi tanaman ketika tanaman itu masih kecil dan rentan. manfaat dibuatnya kebun pembibitan adalah sebagai berikut:
a. Memberikan perlindungan kepada bibit terhadap sinar matahari yang berlebihan, hujan deras, angin kencang, dan gangguan binatang.
b. Memudahkan penananam, pengairan, dan perawatan bibit
c. Membuat lokasi lingkungan agar bibit dapat tumbuh secara optimal.

Lokasi pembibitan sebaiknya dekat dengan lahan di mana tumbuhan akan ditanam. bibit tanaman juga memerlukan pengairan hampir setiap hari sehingga sebaiknya tempat pembibitan juga didekatkan dengan sumber air. selain itu, hal yang tidak kalah pentingnya adalah masuknya sinar matahari pagi pada lokasi pembibitan dan tersedianya naungan selama tengah hari serta menjelang sore hari, karena pada saat – saat itu adalah ketika sinar matahari sedang panas – panasnya.

Media Penanaman dalam Pembibitan

Media dan lokasi penanaman yang digunakan untuk menanam tumbuhan tidak sama, bergantung pada jenis tanamannya. setiap jenis tanaman memiliki sifat dan kondisi fisik yang berbeda. oleh sebab itu, hendaklah diperhatikan pemilihan lokasi, media tanam, dan cara penanaman yang benar untuk setiap tumbuhan.

kebun pembibitan

Tanaman hasil pembibitan biasanya ditanam di atas pot atau di tanah. penanaman dalam pot dapat dilakukan setelah bibit disiapkan dan potnya sudah terisi penuh dengan media tanam. Penanaman dalam pot biasanya juga untuk bibit tanaman hias, seperti bunga - bungaan, bonsai dan tanaman lain yang tumbuhnya tidak terlalu besar. untuk bibit tanaman yang besar seperti hasil okulasi dan enten yang mempunyai akar tunggang ketika dibuka bungkus plastiknya, tanamlah langsung ke dalam lubang yang telah dibuat di tanah, lalu timbun dengan tanah secara perlahan.

Setelah bibit ditanam di media tanah, sebaiknya permukaan tanah itu ditutup dengan jerami, dedaunan kering, atau cincang batang pisang. hal ini dilakukan karena untuk menghindari erosi tanah ketika penyiraman atau saat terkena air hujan yang deras. Selain itu berguna untuk mengurangi penguapan air tanah ketika matahari sedang terik.

Begitulah ulasan saya tentang Membuat Kebun Untuk Pembibitan dan Cara Penanaman. semoga membawa manfaat bagi anda yang ingin melestarikan lingkungan hidup disekitar kita. salam hangat
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Lingkungan Hidup dengan judul Membuat Kebun Untuk Pembibitan dan Cara Penanaman. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://andigoda.blogspot.com/2014/03/membuat-kebun-untuk-pembibitan-dan-cara-penanaman.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Andi Goda -
Rating: 4.5 oleh 245 Orang

Artikel Terkait:

Belum ada komentar untuk "Membuat Kebun Untuk Pembibitan dan Cara Penanaman"